Prosedur Pelayanan Admnistrasi Kependudukan pada Kecamatan Parungkuda di Kabupaten Sukabumi
Abstract
Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan Data Kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Pelayanan administrasi kependudukan pada pemerintahan adalah salah satu bentuk layanan yang diberikan untuk menunjang kebutuhan masyarakat di suatu wilayah. Dimulai dari jenjang Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Desa/Kelurahan sampai pemerintahan tertinggi di Indonesia memiliki kedudukan jabatan yang tetap untuk menciptakan informasi dan data yang merupakan dasar dari Administrasi Kependudukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelayanan administrasi kependudukan pada Kecamatan Parungkuda di Kabupaten Sukabumi. Metode penelitiannya menggunakan metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik mengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi yang telah dilakukan penulis. Jenis data yang di gunakan yaitu data sekunder dan data primer. Dalam Pelayanan Adminstrasi Kependudukan yang sedang berjalan di Kecamatan Parungkuda melayani beberapa pelayanan seperti Pembuatan e-KTP, Pembuatan Surat Pindah dan penerimaan surat pindah, rujukan jaminan kesehatan dan masih menemukan beberapa kendala, salah satunya yaitu masih banyak para masyarakat yang membawa berkas yang dibutuhkan tidak sesuai yang membuat pelayanan harus di hentikan dan meminta untuk berkas yang kurang harus dilengkapi sehingga akan memperlambat proses pelayanan admnistrasi kependudukan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Penjamin Mutu Universitas Universitas Al Azhar Indonesia (2019). Pedoman Pembuatan Standard Operasional (SOP) versi 1.0, Badan Penjamin Mutu Universitas, Indonesia.
Habibi, Roni . Dkk (2020), Aplikasi Inventory barang menggunakan QR Code. Bandung: penerbit Kreatif Industri Nusantara.
Kasmila (2021). Akuntabilitas administrasi kependudukan di kantor kecamatan biringkanaya kota makassar. Jurnal unm makasar.
Malawat, Sitna Hajar S.AP., M.AP (2022), Pengantar Adminstrasi Publik. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary Banjarmasin.
Nur Fatimah, Endah. Dkk (2020), Strategi Pintar Menyusun SOP (Standard Operating Procedur), Bantul, Yogyakarta: penerbit Pustaka Baru Press.
Nurdin, m.si, d. (2019). Kualitas pelayanan publik. Kota surabaya: penerbit media sahabat cendikia.
Rahmadana, Muhammad Fitri, Dkk (2020), Pelayanan Publik. Medan: penerbit Yayasan Kita Menulis.
Rakhmawati, Dkk. Tri d.k.k (2019). Teknik Penyusunan Prosedur Kerja Integritas Metode Business Process Improvement dan Risk Based Thinking. Jakarta: Lipi Press.
Suandi. (2019). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berdasarkan indeks kepuasan masyarakat di kantor kecamatan belitang kabupaten oku timur. Jurnal ilmu adminstrasi dan studi kebijakan (jiask), 13.
Sutha, d (2018). Adminstrasi perkantoran cara mudah memahami dasar adminstrasi perkantoran secara umum. Sidoarjo: indomedia pustaka.
Undang-undang No. 24 tahun 2013 tentang Perubahan Undang-undang No. 23 tahun 2006 tentang Adminstrasi Kependudukan.
Warsano, Hardim MTP d.k.k (2019), Buku Ajar Teori Adminstrasi. Kota Semarang: penerbit Departemen Adminstrasi Publik Faktultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.