Kualitas Pelayanan pada Posyandu RW 03 Desa Neglasari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi
Abstract
Pelayanan publik merupakan pelayanan dasar dalam penyelenggaraan pemerintah. Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Desa Neglasari merupakan salah satu intansi pemerintah yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam pemberian pelayanan publik. Posyandu atau Pos Layanan Terpadu mempunyai peran yang sangat penting untuk mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui secara rinci bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan posyandu Rw 03 Desa Neglasari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kuantitatif. Dalam penelitian ini kualitas layanan yang menjadi pokok permasalahan, diukur dengan Service Quality (SERVQUAL) dimana dalam metode tersebut membahas tentang dimensi-dimensi kualitas yakni: Tangible, Realibility, Responsiviness, Assurance dan Emphaty. Tahapan awal yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan analisis terlebih dahulu dari kekeurangan Posyandu pada bidang kualitas layanan. Setelah menganalisis permasalahan peneliti melakukan penyebaran kuesioner terhadap konsumen sehingga permasalahan kualitas pelayanan dapat diketahui subjeknya. Hasil penelitian dari setiap dimensi pada SERVQUAL yakni Tangible, Realibility, Responsiviness, Assurance dan Emphaty menunjukan bahwa dimensi bukti fisik (Tangible) merupakan dimensi yang memiliki nilai kualitas pelayanan terkecil dari indikator fasilitas ruang pelayanan kurang nyaman dan kurang menariknya alat peraga edukasi, sedangkan nilai kualitas terbesar terdapat pada dimensi jaminan (assurance) dari indikator empati Kader selalu mendahulukan kepentingan masyarakat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
I. Kamaruddin et al., METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN MASYARAKAT, 1st ed., vol. 1. PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.
U. Fadlilah, G. Ariyanto, S. Hartono, E. T. Kurniawan, and S. Husein, “Peningkatan Kinerja Kader Posyandu dan Kualitas Pelayanan di Posyandu Lestari,” WARTA LPM, vol. 23, no. 1, pp. 1–5, 2020, doi: 10.23917/warta.v23i1.8773.
S. P. D. K. Wardani, D. N. Suhaid, J. D. Ayu, and W. M. Prasetyo, Kesehatan reproduksi, ibu dan anak. Bandung: CV. Media Sains, 2022.
L. Liliawati, R. Hendra Ningsih, D. Anjani,
A. Bisnis, and P. Sukabumi, “Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Program One Pesantren One Product (OPOP) dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui model Service Quality (Servqual) di Sukabumi,” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, vol. 8, no. 3, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/an/article/view/263 6
U. Hidayati, Manajemen Sumber Daya Manusia, 1st ed., vol. 1. Makassar: Cendikia Publisher, 2020. Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr= &id=ecYOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA11 &dq=info:dxJzA0vbdqQJ:scholar.google.co m&ots=- N8Ru5fzlO&sig=c9SlO6nKjvZizaZEKvPTR Kce8rw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
T. M. Haekal, Manajemen sumber daya manusia, 1st ed., vol. 1. Gorontalo: Ideas Publishing, 2019.
P. Studi Administrasi Bisnis Politeknik Sukabumi Jl Babakan Sirna No, “Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Desa Cisarua Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi Ratih Hendra Ningsih, Siti Rahma Nurul Hasanah,” pp. 1–5, 2020, Accessed:
Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/eco neur/article/view/21/16
A. Meisa Shafarah Politeknik Sukabumi, R. Hendra Ningsih, and M. Politeknik Sukabumi, “SALURAN DISTRIBUSI PAKCOY PADA PUSPA AGRO FARM SUKABUMI,” vol. 10, 2023, Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/eco neur/article/view/70/38
R. Hendra Ningsih, D. Maulina Utami Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Sukabumi Jalan Babakan Sirna No, and K. Sukabumi, “PROSEDUR REKRUTMEN KARYAWAN PADA PT. CS2 POLA SEHAT BOGOR.”
S. Nurrasyidah, R. Hendra Ningsih Program Studi Administrasi Bisnis, P. Sukabumi Jl Babakan Sirna No, and K. Sukabumi, “Analisis Kedisiplinan Pegawai Pada Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Sukabumi,” Jurnal of Economic and Entrepreneurship (Econeur), vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2019, Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/eco neur/article/view/15
Refbacks
- There are currently no refbacks.