Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Jurusan pada Siswa SMA Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto
Abstract
Penentuan konsentrasi jurusan adalah proses kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah atau lembaga pendidikan untuk menentukan konsentrasi jurusan siswa berdasarkan kriteria – kriteria tertentu. Siswa-siswi yang mempunyai kemampuan sains biasanya akan memilih jurusan IPA, dan yang memiliki minat pada sosial dan ekonomi akan memilih jurusan IPS. Kesalahan pemilihan jurusan dapat mengurangi minat belajar siswa dikarenakan sulitnya pemahaman materi yang diajarkan. Jika seseorang tidak tertarik atau tidak cocok dengan jurusan yang dipilihnya, mereka mungkin akan menghadapi kesulitan dalam memotivasi diri untuk belajar dan berkembang di bidang tersebut. Penjurusan yang ada pada siswa SMA terbagi menjadi 3 jurusan yaitu IPA, IPS, dan BAHASA. Dalam menentukan jurusan pada siswa SMA dibutuhkan nilai rata-rata raport siswa kelas X semester 1 dan 2, hasil tes psikologi, minat siswa. Oleh karena itu, perlu membangun sebuah sistem untuk memberikan tes kemampuan dasar serta tes minat bakat berbasis web, yang diharapkan membantu dan mempermudah dalam pengambilan keputusan dalam menentukan jurusan pada siswa SMA dengan menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto. Kelebihan dari metode ini yaitu dalam mengatasi ketidakpastian data, mempertimbangkan preferensi pengambilan keputusan, mudah dimengerti serta cocok diterapkan untuk proses penentuan konsentrasi jurusan. Dengan adanya sistem ini diharapkan membantu pihak guru dalam melakukan proses penentuan konsentrasi jurusan menjadi efektif, efisien dan lebih objektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
D. Satiti and Y. I. Kurniawan, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JURUSAN SMA N 2 SUKOHARJO DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY,” pp. 234-241, 2017.
Y. Kustiyahningsih and N. Syafa’ah, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jurusan Pada Siswa SMA Menggunakan Metode Knn Dan Smart,” pp. 19-28, 2020.
M. K. Sabil, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Menentukan Konsentrasi Jurusan Siswa Dengan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto,” SCRIPT, vol. 3, pp. 164-172, 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.