Modifikasi Fuel Supply Engine Type 4K Menjadi Sistem EFI
Abstract
Perkembangan teknologi di bidang industri otomotif sekarang ini semakin maju dan berkembang, maka dari itu kegiatan modifikasi berjalan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Proyek tugas akhir ini bertujuan untuk memodifikasi sistem konvensional (karburator) pada engine 4K 1300 CC menjadi sistem EFI (Electronic Fuel Injection) dengan mengadopsi sistem EFI K3-VE, yang difokuskan pada fuel system dan penempatan sensor – sensor serta pembuatan komponen tambahan. Proses modifikasi tersebut dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu proses pengujian awal, proses pembongkaran, proses pengukuran, proses pembuatan, modifiksasi dan proses pengecatan, dilanjutkan dengan proses perakitan. Setelah selesai modifikasi dilanjutkan dengan pengujian akhir. Pengujian konsumsi bahan bakar pada pertalite menghasilkan selisih bahan bakar 10 ml lebih irit pada RPM 1000, 1500, 2000. Pengujian konsumsi bahan bakar pada pertamax menghasilkan selisih bahan bakar 10 ml lebih irit pada rpm 1000, 1500, 2000. Hasil perhitungan bahan bakar pertalite dan pertamax dalam L/H menghasilkan selisih 0,12 liter (120 ml) pada rpm 1000, 1500, 2000. Sehingga engine setelah dimodifikasi konsumsi bahan bakarnya lebit irit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Drs. Daryanto. (2008). Motor Bakar Untuk Mobil. In D. Drs. , Motor Bakar Untuk Mobil (p. 139). Jakarta: Rineka Cipta Bina Adiaksara.
Bagus Prasetyo, K. W. (2022). Modifikasi Engine Konvensional 4 Langkah Silinder Tunggal Menggunakan Sistem Efi Dengan Bahan Bakar Etanol http://journal.upgris.ac.id, 9.
Wahyu Hidayat, ST. (2012). Motor Bensin Modern. In H. S. WAHYU, Motor Bensin Modern (p. 269). Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyono. (2012). Bahan Ajar Diagram PV Otomotif. Retrieved from Universitas Pendidikan Indonesia: https://file.upi.edu
Wardana Suryanto. (1989). Teori Motor Bensin .Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Anwar Nasyrudin. (2012). Modifikasi Mesin Sistem Konvensional Menjadi Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik Pada Toyota Kijang 5K.(Sistem Bahan Bakar) Perpustakaan.uns.ac.id, 93.
Pangestu, S. (2012). Modifikasi Mesin Sistem Konvensional Menjadi Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik Pada Toyota Kijang 5K.(Sistem Udara). perpustakaan.uns.ac.id, 80.
Amrie Muchta.(2018, Januari 1). Komponen Sistem Bahan Bakar Bensin. Retrieved from autoexpose: https://www.autoexpose.org
Daihatsu. (2022, Agustus 18). Electronic Fuel Injection. Diambil kembali dari daihatsu: https://daihatsu.co.id
Arif Marwanto. (2007). Shield Metal Arc Welding. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wardan Suyanto. (2013). Kinerja Scanner . Jurnal Pendidikan Vol.3, No.1 Hal 195.
Refbacks
- There are currently no refbacks.