Sistem Pakar Diagnosa Jenis Disleksia dengan Metode Certainty Factor
Abstract
Disleksia merupakan ketidakmampuan belajar yang ditandai dengan kesulitan dalam membaca, menulis, memahami dan mengeja. Disleksia adalah kondisi yang menetap seumur hidup dan hanya terjadi pada anak yang minimal memiliki IQ normal. Disleksia bukanlah sebuah penyakit yang dapat disembuhkan melainkan suatu kondisi yang diwariskan, maka dari itu untuk mengetahui lebih dini mengenai diagnosa jenis disleksia ini diperlukannya aplikasi yang dapat mendeteksi dan memberikan informasi mengenai jenis disleksia ini. Pada tugas akhir ini akan dirancang sebuah web yang dapat membantu mendeteksi dan memberikan informasi mengenai jenis disleksia ini menggunakan metode certainty factor agar meyakinkan terhadap suatu fakta atau aturan berdasarkan tingkat keyakinan seorang pakar. Perhitungan metode CF dilakukan dengan menghitung antara nilai Cf user dan nilai CF pakar dan menghasilkan nilai CF kombinasi yang dijadikan sebagai hasil dari metode tersebut. Hasil dari aplikasi pendeteksi jenis Disleksia ini menampilkan output jenis Disleksia yang diderita dengan tingkat kepastian yang paling tinggi dengan jenis Disleksia yang lainnya. Hasil dari aplikasi Diagnosa Jenis Disleksia menampilkan output nilai, dan dari perhitungan yang sudah diterapkan diaplikasi sudah sesuai dengan perhitungan manual yang dilakukan dan tingkat keberhasilan 100%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. Rahman, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor Untuk Menentukan Jenis Gangguan Disleksia Berbasis Web,” J. Inkofar, vol. 1, no. 1, pp. 12–17, 2017, doi: 10.46846/jurnalinkofar.v1i1.4.
U. Muawwanah and A. Supena, “Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia,” Aulad J. Early Child., vol. 4, no. 2, pp. 98–104, 2021, doi: 10.31004/aulad.v4i2.120.
J. Andi, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.
R. Ismi, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kesulitan Belajar Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Teorema Bayes Berbasis Android,” 2021, [Online]. Available: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/4514/
Mega Aisyah Nirmala and Muhamad Risqi Utama Saputra, “Untuk Anak-Anak Disleksia,” Proseding Semin. Nas. PGSD UPY, pp. 14–22, 2010.
K. Membaca, P. Anak, D. Dengan, and M. Digital, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK DISLEKSIA DENGAN MEDIA DIGITAL AUDIOBOOKS Diajukan kepada Universitas Negeri Surabaya Untuk Memenuhi Persyaratan Penyelesaian Program Sarjana Pendidikan Luar Biasa Oleh : ZUHRIYATUT THOHIROH,” 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.