Penerapan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto) pada Aplikasi Penentuan Poin dan Tingkat Pelanggaran pada Siswa (Studi Kasus SMPN 2 Cibadak)
Abstract
Guru Bimbingan Konseling (BK) adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Guru BK bertugas mengawasi dan mengarahkan siswa yang berada dalam pelayanan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi atau kualitas pendidikan bimbingan konseling. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah guru BK dalam menentukan poin dan solusi atas permasalahan pemberian sanksi pada siswa dengan aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. metode yang digunakan ini metode perhitungan Inferensi Fuzzy (Tsukamoto) yang dimana menentukan poin dan tingkat pelanggaran yang menghasilkan pernyataan bahwa siswa yang bermasalah harus di tindak Hasil dari aplikasi ini penentuan poin dan tingkat pelanggaran pada siswa menampilkan output Ringan sekali, Ringan, Sedang, Besar Sekali, dan Sangat Besar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
W. Mayasari and A. S. Purnomo, “Sistem Pakar Untuk Menentukan Poin Pelanggaran dan Prestasi Menggunakan Inferensi Fuzzy ( Tsukamoto ) Expert System for Determining Abuse and Achievements Points Using Fuzzy Inference,” J. Multimed. Artif. Intell., vol. 1, no. 2, pp. 17–26, 2017.
B. A. B. Ii, “https://www.silabus.web.id/stimulasi-untuk-paud-dan-tk/ http://galihadhari.blogspot.com/2015/05/stimulasi.html,” 2012.
A. Putra and D. Y. Hardiyanti, “Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decission Making,” J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 286–293, 2011, [Online]. Available: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
Juhardi, Ilhamsyah, and S. Rahmayudha, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO (Studi Kasus: Akademi Farmasi Yarsi Pontianak),” J. Komput. dan Apl., vol. 09, no. 01, pp. 23–32, 2021.
J. J. Robinson, “DIAGRAM: A Grammar for Dialogues,” Commun. ACM, vol. 25, no. 1, pp. 27–47, 1982, doi: 10.1145/358315.358387.
Refbacks
- There are currently no refbacks.