Perancangan Aplikasi Edumic (Edutainment Islamic) Berbasis Android

Rizky Maulana Hasanudin, Samirah Rahayu

Abstract


Di zaman ini, pembelajaran telah berkembang pesat dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai. Namun, masih banyak peserta didik yang merasa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran di sekolah. Beberapa faktor yang berkontribusi pada kejenuhan ini termasuk kurangnya kreativitas dalam metode pengajaran, sikap guru yang kurang menyenangkan, lingkungan belajar yang monoton, dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Untuk meningkatkan efektivitas belajar, khususnya dalam pelajaran agama, sebuah aplikasi interaktif dengan dukungan audio dan visual telah dikembangkan. Ini memungkinkan anak-anak untuk memahami, menghafal, dan memperbaiki lafalan doa dengan lebih mudah di rumah. Oleh karena itu, penulis penyadari betapa pentingnya kesempatan ini, untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun sebagai alat pembelajaran anak. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Berdasarkan permasalahan tersebut,dibuatlah perancangan aplikasi edumic (Edutainment Islamic) ini dapat membantu meningkatkan semangat belajar bagi anak dengan pembawaan yang interaktif dan edukatif.

Keywords


Edutainment; Islamic; Android; Sekolah

Full Text:

PDF

References


M. R. Ramadhan, “IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERBASIS KARAKTER DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” [Online]. Available: https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh

S. Irawadi, Maxrizal, and Sujono, “Game Hafalan Ayat Al-Qur’an Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 14, no. 2, pp. 161–167, Aug. 2020, doi: 10.30864/jsi.v14i2.295.

“PENERAPAN METODE EDUTAINMENT HUMANIZING THE CLASSROOM DALAM BENTUK MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR Eriza Nur Hidayanti *) dan Djumali **) *) Alumnus Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS **) Dosen Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS”, [Online]. Available: http://himitsuqalbu.wordpress.

H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, vol. 3, no. 1, 2018.

I. Agustina Dwi Astuti, R. Asep Sumarni, and D. Luhur Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android,” vol. 3, no. 1, 2017, doi: 10.21009/1.

R. Abdillah, A. Kuncoro, and I. Kurniawan, “ANALYSIS MATHEMATICS LEARNING APPS ANDROID BASE AND DESIGNING SYSTEM USING UML 2.0,” 2019.

Dicoding Intern, “Contoh Use Case Diagram Lengkap dengan Penjelasannya,” https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram/.

Yandi Rizki Nugraha, “UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML),” https://ilmuteknologi007.blogspot.com/2017/02/unified-modelling-language-uml.html.

R. Choirudin and A. Adil, “Implementasi Rest Api Web Service dalam Membangun Aplikasi Multiplatform untuk Usaha Jasa,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 18, no. 2, pp. 284–293, May 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.407.

Y. Dwi Wijaya and M. Wardah Astuti, “Sistem Informasi Penjualan Tiket Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall.” [Online]. Available: http://www.php.net.

R. F. Ramadhan and R. Mukhaiyar, “Penggunaan Database Mysql dengan Interface PhpMyAdmin sebagai Pengontrolan Smarthome Berbasis Raspberry Pi,” 2020.

Muhammad Ariffudin, “Mengenal Kotlin, Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Android,” https://www.niagahoster.co.id/blog/kotlin-adalah/.

D. Ambriani and A. I. Nurhidayat, “RANCANG BANGUN REPOSITORY PUBLIKASI ILMIAH DOSEN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL.”

A. Performa et al., “Bambang Wisnuadhi Politeknik Negeri Bandung,” 2018. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/329525878


Refbacks

  • There are currently no refbacks.