Prosedur Rekrutmen Karyawan pada Hotel Santika Sukabumi
Abstract
Pada manajemen suatu perusahaan pemerintahan maupun swasta, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan unsur utama yang paling utama dalam segala aktivitas perusahaan. Maka karena itu kunci utama dalam menciptakan SDM yang profesional dan berkualitas terletak pada proses rekrutmen tenaga kerja, seleksi, penempatan kerja, latihan dan pengembangan tenaga kerja. Untuk itu perekrutan atau proses di mana perusahaan mencari dan menarik individu untuk mengisi lowongan pekerjaan memiliki peranan penting dalam sebuah perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur rekrutmen karyawan yang dilakukan oleh Hotel Santika Sukabumi dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam prosedur rekrutmen serta mengetahui bagaimana solusi untuk menyelesaikan kendala yang dihadapi dalam prosedur rekrutmen. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan cara wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini di antaranya prosedur rekrutmen di Hotel Santika Sukabumi cukup baik, dilihat dari data jumlah pelamar yang mengirimkan berkas lamarannya sampai hasil rekrutmen pada perusahaan ini, tetapi masih ada berapa kekurangan maupun kendala dalam prosesnya, Dari beberapa kendala yang dihadapi dalam prosedur rekrutmen, ada kendala yang paling berpengaruh besar terhadap kelangsungan proses tersebut yaitu dalam pelaksanaan perekrutan karyawan baru pihak manajemen kurang spesifik dalam mengelola SDM khususnya dalam melakukan perencanaan SDM, sehingga sering terjadi kebutuhan dari user mendesak. Untuk mengatasi kendala tersebut pihak manajemen yang bertanggung jawab dalam mengelola SDM meningkatkan efektivitas dan lebih spesifik dalam melakukan perencanaan SDM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
U. Hidayati, Manajemen Sumber Daya Manusia, 1st ed., vol. 1. Makassar: Cendikia Publisher, 2020. Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=ecYOEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA11&dq=info:dxJzA0vbdqQJ:scholar.google.com&ots=-N8Ru5fzlO&sig=c9SlO6nKjvZizaZEKvPTRKce8rw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
R. Hendra Ningsih, D. Maulina Utami Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Sukabumi Jalan Babakan Sirna No, and K. Sukabumi, ‘Prosedur Rekrutmen Karyawan Pada Pt. Cs2 Pola Sehat Bogor’.
T. M. Haekal, Manajemen sumber daya manusia, 1st ed., vol. 1. Gorontalo: Ideas Publishing, 2019.
Noviyanti and D. A. Utami, Rekruitmen Kepegawaian, 1st ed., vol. 1. Penerbit Lakeisha, 2022.
L. Liliawati, R. Hendra Ningsih, D. Anjani, A. Bisnis, and P. Sukabumi, ‘Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Program One Pesantren One Product (OPOP) dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui model Service Quality (Servqual) di Sukabumi’, Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, vol. 8, no. 3, pp. 1–10, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/an/article/view/2636
R. Hendra Ningsih, ‘PROSEDUR Administrasi Gudang Pada Pt Sinar Niaga Sejahtera Kota Sukabumi’, Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/econeur/article/view/42/21
P. Studi Administrasi Bisnis Politeknik Sukabumi Jl Babakan Sirna No, ‘Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Desa Cisarua Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi Ratih Hendra Ningsih, Siti Rahma Nurul Hasanah’, pp. 1–5, 2020, Accessed: Oct. 14, 2023. [Online]. Available: https://econeur.polteksmi.ac.id/index.php/econeur/article/view/21/16
Refbacks
- There are currently no refbacks.