Strategi Pemasaran Produk Cicil Emas pada Bank Syariah Indonesia KCP Sukabumi Sudirman
Abstract
Cicil emas BSI merupakan fasilitas pembiayaan kepemilikan emas Logam Mulia yang disediakan oleh Bank Syariah Indonesia dengan prinsip syariah. Produk ini menggunakan akad murabahah, yaitu akad jual beli di mana harga jual emas ditetapkan dari harga pokok ditambah margin keuntungan yang disepakati antara bank dan nasabah. Pasar perbankan di Indonesia semakin kompetitif, terutama dengan produk investasi seperti cicil emas yang ditawarkan oleh lembaga keuangan lain. Maka dari itu, penulis mengidentifikasi strategi pemasaran produk cicil emas BSI KCP Sukabumi Sudirman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk cicil emas pada BSI KCP Sukabumi Sudirman. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, serta study kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa BSI KCP Sukabumi Sudirman menggunakan STP (segmentation, targeting, positioning) dalam memasarkan produk pembiayaan cicil emas. Sehingga melalui penelitian ini dapat diketahui bagaimana strategi pemasaran produk cicil emas BSI KCP Sukabumi Sudirman.
Kata kunci: Strategi pemasaran, produk cicil emas, bank syariah.
Abstrack
BSI gold installment is a financing facility for ownership of Precious Metal gold provided by Bank Syariah Indonesia with sharia principles. This product uses a murabahah contract, which is a sale and purchase contract where the selling price of gold is determined from the principal plus a profit margin agreed upon between the bank and the customer. The banking market in Indonesia is increasingly competitive, especially with investment products such as gold installments offered by other financial institutions. Therefore, the author identified the marketing strategy for BSI KCP Sukabumi Sudirman gold installment products. This study aims to determine the marketing strategy for gold installment products at BSI KCP Sukabumi Sudirman. The research method used is descriptive qualitative, with data collection techniques including observation, interviews, documentation, and literature studies. The results of the study show that BSI KCP Sukabumi Sudirman uses STP (segmentation, targeting, positioning) in marketing gold installment financing products. So that through this study it can be seen how the marketing strategy for BSI KCP Sukabumi Sudirman gold installment products is.
Keywords: Marketing strategy, gold instalment product, Islamic bank.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Widiana, E. M., 2020. Buku Ajar Pengantar Manajemen. Kab.
Banyumas: CV. Pena Persada.
Afdhal, et al., 2023. Manajemen: Prinsip Dasar Memahami Ilmu
Manajemen . Padang Sumatera Barat: Get Press Indonesia.
Ismanto, J., 2020. Manajemen Pemasaran. Banten: UNPAM
PRESS.
Arifudin, O., Tanjung, R., & Sofyan, Y. (2020). Manajemen
Strategik: Teori dan Implementasi. Banyumas: CV. Pena
Persada.
Pahlepi, C., & Musa, M. I. 2023. Manajemen Strategi.
Tamalanrea: Intelektual Karya Nusantara.
Zainurossalamia, S. ZA., 2020. Manajemen Pemasaran: Teori
dan Strategi. Lombok Tengan: Forum Pemuda Aswaja.
Saparso. 2021. Marketing Process. Jakarta: Ukrida Press.
Amruddin, et al., 2020. Pengantar Manajemen (Konsep Dan
Pendekatan Teoritis). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Saleh, M. Y. & Said, M., 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran.
Makassar: CV Sah Media.
Darsana, I Made, et al., 2022. Strategi Pemasaran. Kab.
Bandung: Infes Media.
Haque-Fawzi, M. G, et al., 2022. Strategi Pemasaran (Konsep,
Taeori dan Implementasi). Tanggerang Selatan: Pascal Books.
Arif, Irwandi., 2020. Emas Indonesia. Jakarta: PT Gramedia
Pustak Utama.
Amirudidin., 2022. Perbankan Syariah Di Indonesia. Kab. Gowa:
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
www.bankbsi.co.id, 2024. Cicil Emas Bank Syariah Indonesia.
[Online] Available at: BSI Cicil Emas - Produk dan Layanan |
Bank Syariah Indonesia/ [Diakses 6 Agustus 2024].
Refbacks
- There are currently no refbacks.