Analisis Pelayanan Pada Politeknik Sukabumi

Lia Liliawati, ratih hendra ningsih, desti lestari

Abstract


Abstrak

 

Penurunan jumlah mahasiswa selama tiga tahun terakhir yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 dan persaingan yang cukup kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan. Penelitian ini  dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan pada  Politeknk Sukabumi, sehingga dapat diketahui seberapa jauh kesesuaian antara harapan dan persepsi pelayanan yang dirasakan oleh mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang penentu berkaitan dengan kualitas layanan akademik dengan menggunakan metode Service Quality (Servqual) dengan teknik pengambilan sample dan disebar kepada responden yang merupakan mahasiswa Politeknik Sukabumi  yang masih aktif dan dipilih secara acak atau random sampling. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diketahui  sejauh mana pelayanan pendidikan tinggi mampu memenuhi harapan pelanggannya.

 

Kata kunci: kualitas layanan; jasa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.