Analisis Pengaruh Kerak Karbon Yang Men-gendap di Ruang Bakar Terhadap Unjuk Kerja Mesin Bensin
Abstract
Mesin adalah bagian utama pada sebuah kendaraan karena sebagai komponen utama penggerak. Karena mesin terus-menerus melakukan proses pembakaran, maka residu hasil pembakaran akan menumpuk. Salah satu yang paling menganggu adalah kerak karbon yang mengendap di dalam ruang bakar. Kerak karbon ini secara langsung akan mempengaruhi perbandingan kompresi mesin yang mengakibatkan penurunan performa. Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan parameter unjuk kerja saat ruang bakar terdapat kerak dengan saat tidak ada kerak. Alat yang digunakan adalah dynamometer untuk mengukur daya dan torsi mesin. Pembersihan kerak dilakukan secara manual dengan cara menyemprotkan cairan ke ruang bakar kemudian mengeluarkannya. Selanjutnya kerak dihitung dan ditimbang. Setelah dilakukan perhitungan dan pengujian, daya mesin maksimal naik sebesar 5,4% dan torsi maksimal naik sebesar 5,7%. Laju bahan bakar dan udara juga mengalami penurunan yang berarti bahan bakar lebih efisien.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.