Qualitative Process Analysis: Studi Kasus Transaksi Penjualan Pada CV. Jatayu Catra Internusa

Lila Setiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan qualitative process analysis pada proses transaksi penjualan CV. Jatayu Catra Internusa. Metode root cause analysis dipilih untuk menganalisis akar penyebab permasalahan, sehingga didapat alternative solusi yang dapat di usulkan untuk perbaikan proses bisnis. Peneliti menggunakan sumber informasi dari narasumber yang diambil melalui wawancara dengan staf yang menangani transaksi penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah data dampak, penyeba dan solusi yang kemudian di modelkan kedalam proses bisnis usulan (redesign process) menggunakan business process modeling notation (BPMN). Pemodelan proses bisnis usulan ini dapat ditindak lanjuti oleh perusahaan untuk diimplementasikan sehingga proses transaksi penjualan dapat menjadi lebih baik

Full Text:

PDF

References


M. Dumas, M. La Rosa, J. Mendling, and H. A. Reijers, Fundamentals of Business Process Management. Springer Berlin Heidelberg, 2013.

M. P. Papazoglou, “Web services and business transactions,” World Wide Web, vol. 6, no. 1, pp. 49–91, 2003, doi: 10.1023/A:1022308532661.

M. Dumas, M. La Rosa, J. Mendling, and H. A. Reijers, Fundamentals of Business Process Management. 2013.

D. Drury and H. Doran, “Research Brief. The Value of Value-Added Analysis,” Natl. Sch. Boards Assoc., vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2003.

H. A. Yuniarto, A. D. Akbari, and N. A. Masruroh, “Perbaikan Pada Fishbone Diagram Sebagai Root Cause Analysis Tool,” J. Tek. Ind., vol. 3, no. 3, pp. 217–224, 2013, doi: 10.25105/jti.v3i3.1565.

T. Trisnal, S. Pujangkoro, and L. N. Huda, “Analisis Implementasi Lean Manufacturing Dengan Lean Assessment Dan Root Cause Analysis Pada Pt. Xyz,” J. Tek. Ind. USU, vol. 3, no. 3, pp. 8–14, 2013.

M. K. Rahma Ari; Indraswari, Risma, “Why Are Babies Dying ? (Root Cause Analysis Kematian Bayi Di Karawang),” J. Ilm. Kesehat. Diagnosis, vol. 14, no. Vol. 14 No. 4 (2019): Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, pp. 318–321, 2019.

H. Mardesci, “Analisa Produk Cacat Menggunakan Metode Peta Kendali dan Root Cause Analysis,” J. Teknol. Pertan., vol. 7, no. 2, pp. 45–50, 2018.

V. Hurisandi and M. M. Ulkhaq, “Kudus Dengan Metode Overall Equipment Efectiveness Dan Cause-Effect Diagram,” Ind. Eng. Online J., pp. 1–7, 2017.

E. P. Setiawan and N. B. Puspitasari, “Analisis Kerusakan Mesin Asphalt Mixing Plant Dengan Metode Fmea Dan Cause Effect Diagram (Studi Kasus: Pt Puri Sakti Perkasa),” Ind. Eng. Online J., 2018.

A. Ramandha, C. D. Kusmindari, and S. Hardini, “PELAKSANAAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE TERHADAP KINERJA BUCKET WHEEL EXCAVATOR MELALUI CAUSE EFFECT DIAGRAM ( Studi Kasus pada PT Bukit Asam , Tbk ),” in Bina Darma Conference on Engineering Science, 2020, pp. 340–354.

V. D. Afriyanti, N. U. Handayani, D. T. Industri, F. Teknik, U. Diponegoro, and C. Diagram, “Analisis Proses Penanganan Keluhan Pelanggan Pt Telkom Indonesia Regional Iv Unit Regional Operation Center ( Roc ) Menggunakan Metode Process Failure Mode,” Ind. Eng. Online J., vol. 6, no. 4, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.