Perencanaan dan Pengembangan Jaringan Instalasi Listrik SMK Perkasa Sumedang

Aghnia Nur Zahrah, Yudi Prana Hikmat, Toto Tohir

Abstract


Sektor pendidikan terutama sekolah merupakan tempat utama untuk melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran. Untuk mencapai tujuan yang dapat ditempuh di sekolah maka diperlukan tenaga listrik yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Namun seringkali kegiatan pembelajaran terhambat oleh permasalahan yang terjadi baik karena kesalahan pemasangan instalasi maupun pembagian daya yang tidak sesuai standar. Pemasangan instalasi yang baik adalah yang sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik atau PUIL serta Standar Nasional Indonesia atau SNI. SMK Perkasa Sumedang sumber suplai daya PLN terbagi dengan empat Alat Pengukur dan Pembatas (APP) dengan masing-masing daya yang masuk dari APP dibagi ke tiap-tiap ruangan yang ada di SMK Perkasa. Permasalahan yang terjadi pada SMK Perkasa Sumedang adalah dengan terdapatnya empat APP ini pembagian daya listrik menjadi tidak teratur. Pemilihan rating pengaman pun tidak tepat sehingga seringkali terjadinya trip yang juga dapat terjadi karena beban yang terlampau besar akibat penambahan beban yang terus terjadi dari tahun ke tahun. Penelitian ini akan menganalisa jaringan instalasi listrik di SMK Perkasa Sumedang sehingga menghasilkan rekomendasi berupa perencanaan penataan pembagian daya listrik yang sesuai standar. Hasil perhitungan dianalisis dan dibandingkan sesuai keadaan di lapangan untuk menghasilkan rekomendasi.

Keywords


Daya Listrik;Kebutuhan Daya;Evaluasi;Jaringan Instalasi Listrik;Perencanaan

Full Text:

PDF

References


Nasional B.S SNI. 2011. Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL 2011). Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Andersen D.Prok, H. Tumaliang, M.Pakiding. 2018. Penetaan Dan Pengembangan Instalasi Listrik Fakultas Teknik UNSTRAT 2017. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer. Vol.7 No. 3. Juli-Oktober 2018.

D.Mardapi. 2003. Desain Penilaian dan Pembelajaran Mahasiswa. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

SPLN 43-2 . 1994. Kabel Tanah Berisolasi dan Berselubung PVC, Berperisai Kawat Baja atau Alumunium Tegangan Pengenal 0,6/1kV. Jakarta: Departemen Pertambangan dan Energi Perusahaan Umum Listrik Negara

M.A.H.Saifudin, dan rekan-rekan. 2018. Analisa Kebutuhan Daya Listrik Terpasang Pada Gedung Kantor Bupati Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Protek. Vol.05 No.1

Ary Firnanda, Haimi Ardiansyah. 2020. Analisis Kebutuhan Daya Listrik di Akademi Komunitas Negeri Aceh Barat. VOCATECH : Voational Education and Technology Journal 2, 1 (2020): 59-66.

Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2012. 2012. Penghematan Pemakaian Tenaga Listrik. Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.