Analisis Kualitas Pelayanan pada Puskesmas Sukalarang Kabupaten Sukabumi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada Puskesmas Sukalarang Kabupaten Sukabumi, dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan dengan mengetahui kendala apa saja yang ditemukan serta solusi yang diberikan oleh pihak puskesmas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian Tugas Akhir ini antara lain observasi, wawancara, dan penyebaran angket/kuesioner menggunakan data primer berupa daftar pernyataan yang disebar kepada 97 responden yang merupakan pasien Puskesmas Sukalarang yang dipilih secara acak atau random sampling. Untuk menguji kuesioner dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu untuk mengetahui kelayakan kuesioner tersebut untuk dijadikan alat penelitian. Hasil data kemudian dianalisis lebih lanjut, dan pernyataan diklasifikasi berdasarkan 5 dimensi yaitu Tangible (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsivenees (Respon/ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Hasilnya menunjukan bahwa dari 5 dimensi tersebut secara keseluruhan dapat dikategorikan cukup baik (puas), namun yang paling berpengaruh pada variabel kualitas pelayanan Tangible (Berwujud), dan Assurance (Jaminan) dengan keseluruhan jawaban responden menyatakan setuju (puas). Maka dengan demikian, tingkat kualitas pelayanan pasien pada Puskesmas Sukalarang dilihat dari keseluruhan dimensi dapat dikategorikan cukup baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.