Bauran Pemasaran Rengginang pada Ranginang Barokah Kota Sukabumi

Lavirda Septry Feryanto, Herny Nurhayati

Abstract


Bauran Pemasaran (marketing mix) adalah kumpulan variabel pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditargetka. Secara sederhana, bauran pemasaran adalah strategi yang memadukan kegiatan-kegiatan pemasaran dalam suatu waktu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa bagaimana penerapan bauran pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Sekaligus untuk mengetahui kendala yang dihadapi perusahaan saat memasarkan produknya. Maka dari itu untuk mengetahui solusi dari kendala yang dihadapi oleh perusahaan dilakukan penelitian dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari segi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh Ranginang Barokah Kota Sukabumi belum sepenuhnya dapat memenuhi target penjualan perbulannya. Hal ini dikarenakan faktor penting dari bauran pemasaran (marketing mix) belum berjalan secara efektif dan efisien, seperti kurangnya inovasi pada produk, kurang aktifnya kegiatan promosi dan distribusi. Berdasarkan pembahasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini ditemukan masih banyak kendala-kendala dalam memasarakan produknya yang membuat jumlah penjualan setiap bulannya tidak stabil.


Keywords


Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Keller, Kotler. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2017). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Malau, Harman. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta .

Musfar, Tengku Firli (2020). Manajemen Pemasaran. Pekanbaru: Media Sains Indonesia.

Rohman, Abd. (2017). Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media.

Rohman, Abd. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Publik. Malang: Empatdua.

Sudaryono. (2017). Pengantar Manajemen . Tangerang: Center for Academic Publishing Service.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Gava Media .

Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.