Analisa Tingkat Kritis Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Sukabumi Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)

Haki Yusdinar, Mufidul Azman, M. Iqbal Habibi Kamal

Abstract


Frekuensi berlebih pada kendaraan yang dilalui pada jalan raya menimbulkan kerusakan-kerusakan yang bermacam-macam, kerusakan pada jalan dapat membahayakan dan menimbulkan tingkat pelayanan yang berkurang. Sebagai indikatornya dapat diketaui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktural maupun fungsionalnya yang mengalami kerusakan. Penilaian untuk mengetahui dan mengelompokan jenis dan tingkat kerusakan perkerasan jalan, serta menetapkan nilai kondisi perkerasan jalan dengan cara mencari nilai Pavement Condition Index (PCI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi funsional pada perkerasan pada ruas Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini mengambil lokasi di ruas Jalan Lingkar Selatan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1 Km. Pengumpulan data primer dilakukan dengan survei aktual lapangan yang berupa data Panjang, lebar, luasan, serta kedalaman setiap jenis kerusakan yang merupakan skala kondisi permukaan jalan dari keadaan rusak ringan sampai berat. Hasil penelitian ini menunjukan kerusakan pada ruas Jalan Lingkar Selatan yaitu alligator cracking, patching & utility cut, depression, joint reflection cracking, potholes dan weathering. Nilai PCI rata-rata pada ruas jalan ini adalah 30.5 dengan tingkat kategori kondisi yaitu buruk (poor). Sehingga perlu adanya perhatian khusus pada intansi terkait agar tidak membahayakan pada pengguna jalan.

Keywords


Tingkat Kerusakan; PCI; Jalan Raya; Indentifikasi; Segmen

Full Text:

PDF

References


Ramli, Yuswardi, Muhammad Isya, and Sofyan M. Saleh. "Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci)(Studi Kasus Ruas Jalan Beureunuen–Batas Keumala)." Jurnal Teknik Sipil 1.3: 761-768. 2018.

Shahin, Mohamed Y. Pavement management for airports, roads, and parking lots. 1994.Transportasi antar Perguruan Tinggi. 2016.

Hardiyatmo, Hary Christady, and Pemeliharaan Jalan Raya. "Gadjah Mada University Press." 2007.

Sukirman, Silvia. "Perkerasan lentur jalan raya.". 1999.

Ramli, Y., Isya, M., & Saleh, S. M. Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus Ruas Jalan Beureuneun-Batas Keumala). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 761-768, 2018

Yunardhi, H. Analisa Kerusakan Jalan Dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan di Panjaitan). Teknologi Sipil, 2(2), 2019

Fikri, M. Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (Pci) Studi Kasus Ruas Jalan Poros Lamasi-Walenrang Kabupaten Luwu. PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1(1), 19-26, 2016

Hamdani, U. Y. Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)(Studi Kasus: Jalan Raya Parang, Magetan, Jawa Timur) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang), 2019

Rondi, M., & Sunarjono, S. Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penangananya (Studi Kasus: Ruas Jalan Danliris Blulukan-Tohudan Colomadu Karanganyar) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta), 2016,

Wahyudi, F. Analisa Kerusakan Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga Dan Pci (Pavement Condition Index) Serta Alternatif Penanganannya (Studi Kasus Ruas Jalan Kota Bangun–Gusik). Kurva Mahasiswa, 1(1), 181-195, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.