Sistem Informasi Proyek Akhir Dan Wisuda (Modul: Sidang Akhir, SKPI, dan Pendaftaran Wisuda)

Nida Hanifah, Dwi Fernanda, Tri Herdiawan Apandi

Abstract


Proyek Akhir yang dilakukan di kampus Politeknik Negeri Subang khususnya Jurusan Manajemen Informatika yaitu melaksanakan seminar dan sidang akhir dari mulai pendaftaran seminar hingga tercapainya nilai akhir dari Proyek Akhir. Permasalahan yang sering terjadi yaitu bentroknya jadwal pelaksanaan sidang, rentannya kesalahan menambahkan nilai sidang, serta admin kesulitan dalam mencari dan mengelola data pendaftaran wisuda. Melihat permasalahan tersebut, dibuatlah Sistem Informasi Proyek Akhir dan Wisuda yang bertujuan untuk mempermudah Politeknik Negeri Subang dalam melaksanakan kegiatan Proyek Akhir dan Wisuda. Sistem informasi dirancang menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dengan pemodelan berdasarkan UML. Implementasi atau pengkodean sistem menggunakan Framework CodeIgniter 3 dengan bahasa pemrograman PHP. Selain itu, pengujian sistem yang digunakan adalah pengujian Black Box dan User Acceptance Test (UAT). Dari hasil pengujian Black Box yang dilaksanakan telah sesuai dengan fungsionalitas sistem yang seharusnya dengan persentase keberhasilan 100%. Selain itu, pengujian UAT yang diuji oleh empat aktor penguji mendapatkan persentase sebesar 79,36% menyetujui bahwa sistem telah sesuai dengan kepuasan pengguna dan proses bisnis pada modul yang terkait didalam sistem.

Keywords


Model Waterfall; Proyek Akhir; SKPI; UML; Wisuda

Full Text:

PDF

References


Suhaeri and B. Waseso, “Sistem Informasi Tugas Akhir ( SITA ) Studi Kasus : Sekolah Tinggi ABC,” vol. 1, no. 1, pp. 149–162, 2021.

E. W. Rumaf, “Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Pada STMIK Tidore Mandiri,” vol. 1, no. 2, pp. 18–27, 2019.

I. Erno, Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Tugas Akhir Program Studi Sistem Infomasi UIN Suska Riau Tugas. 2020.

M. R. Jayadi, “Wisuda Berbasis Web Pada Stmik Widya Cipta,” 2019.

E. Y. Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Indonesia: Penerbit Andi, 2017.

I. Sommerville, Software Engineering. 2003.

Y. Sari, Logika Algoritma, Pseudocode, Flowchart, dan C++. Perahu Litera, 2017.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.

A. . Rosa and M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak.” 2016.

M. Komarudin, “Pengujian Perangkat Lunak Metode Black-Box Berbasis Equivalence Partitions pada Aplikasi Sistem Informasi di Sekolah,” J. Mikrotik, vol. 06, no. 3, pp. 02–16, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.