Strategi Pemasaran Empal Gepuk Sibabah Pada UMKM Empal Gepuk Sibabah di Kabupaten Sukabumi
Abstract
Perencanaan strategi merupakan langkah awal untuk menyelenggarakan manajemen strategi perusahaan. Dalam kegiatan perusahaan pasti ada persaingan, maka dari itu peran bagian pemasaran sangatlah penting, terutama untuk menentukan kelanjutan hidup pemasaran. Sehingga bagian pemasaran harus pintar dalam mengatur strategi pemasaran, pada pelaksanaannya strategi pemasaran mempunyai ruang lingkup yang luas di antaranya adalah strategi dalam menghadapi persaingan, strategi harga, produk, dan sebagainya. Naik atau turunya kondisi perusahaan merupakan penilaian keberhasilan atau kegagalan kinerja bagian pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Empal Gepuk Sibabah. Kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan strategi, serta solusi yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi perusahaan. Metode penelitian di lakukan dengan menggunakan metode deskriptif melalui studi pustaka, observasi langsung keperusahaan dan mewawancara antara penulis dan pihak terkait. Berdasarkan hasil penelitian stategi yang digunakan oleh Empal Gepuk Sibabah adalah meliputi Segmenting, Targeting dan Positioning serta mencampur beberapa kegiatan pemasaran untuk mencapai hasil yang memuaskan atau dengan strategi pemasaran (marketing mix)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditama, R.A., “Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi” Malang: AE Publis. 2020
Anang, F, “Pemasaran, Dasar dan Konsep” Jawa Timur: CV. Kiara
Media.2019.
Aris, A, dkk, “Strategi Pemasaran UMKM Dimasa Pandemi” Sumatra
Barat: CV Insan Cendekia Mandiri.2021.
Assauri Sofjan, “Manajemen Pemasaran,” Jakarta: PT. Raja Grafindo Pesada.2020.
Budi, R. T. Putri., “Manajemen Pemasaran,”Denpasar: 2017.
Doni, J. P., “Perilaku Konsumen Dakam Persaingan Bisnis Kontenporer,” Bandung: Alfabeta.2017.
Efri Novianto, “Manajemen Strategis” Yogyakarta: CV. Budi Utama.2019.
Farida Yulianti., “Manajemen Pemasaran” CV.Budi Yogyakarta
Utama.2019.
Foster, B.I. Sidharta, “Dasar-Dasar Manajemen” Yogyakarta: CV.
Diandra Primamitra Media.2019
Huda, M. & Soepatini., “Segmenting, Targeting, Positioning” Jawa
Tengah: Muhammadiyah Univesty Press.2021.
Indrasari, Meithiana, “Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan” Jawa Timur: Unitomo Press 2019.
Jim, H. Yam., “Manajemen Strategi Konsep dan Implemansi” Makasar: CV. Nas Media Pustaka 2020
Latifah Hanim., “UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & menengah)”
Semarang: UNISSULA PRESS. 2018.
Marissa, G. H. Fawji, dkk., (Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan
Implementasi)” Banten: Pascal Books.2121
Muhammad, Y. Saleh & Miah Said., “Konsep dan Strategi Pemaaran”
Kota Makasar: CV. Sah Media.2019.
Muhfizar,dkk “Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep) Jawa Barat:
CV. Media Sains Indonesia.2021
Sarinah & Mardalena., “Pengantar Manajemen” Yogyakarta: CV.Budi
Utama. 2017.
Tengku, F. Musfar., “Buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran
Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran”
Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia. 2020.
Tjiptono, F, “Pemasaran,”Yogyakarta: CV.Andi Offset.2020.
Tjiptono, F, “ Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan”
Yogyakarta: CV. Andi Offset. 2019
Zinurossalamia,Saida., “Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi”
Lombk Tengah: Forum Pemuda Aswaja.2020.
Refbacks
- There are currently no refbacks.