Analisa Correctness dan Usability pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) menggunakan Metode McCall’s
Abstract
Perkembangan perekonomian pada sektor perbankan yang sangat pesat berkaitan dengan Finance Technology. Perkembangan ini didukung oleh Bank Indonesia selaku Bank Sentral yang mengatur regulasi perbankan di Republik Indonesia; Salah satu perkembangannya adalah Quick Response Code Indonesian Standard, disingkat QRIS. QRIS merupakan Sistem pembayaran menggunakan QR Code. Pembayaran menggunakan QRIS ini memudahkan pengguna smartphone yang memiliki digital wallet atau mobile banking untuk melakukan transaksi hanya dengan melakukan scanning pada QR Code yang dimiliki oleh Merchant. Penggunaan QRIS disosialisasikan secara terus menerus oleh Bank Indonesia supaya masyarakat Indonesia menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran yang mudah untuk bertransaksi dengan para pengusaha UMKM atau bisnis lainnya yang menggunakan QRIS untuk menerima pembayarannya. Penggunaan QRIS pun mendukung pemerintah untuk meningkatkan transaksi secara digital. Selain itu, penggunaan QRIS pun mendorong para penyedia fasilitas pembayaran QRIS seperti digital wallet atau mobile banking untuk meningkatkan kemudahan transaksi yang aman dan membuat para nasabah merasa aman dalam menggunakan QRIS sebagai metode transaksi. Melihat perkembangan QRIS yang semakin umum digunakan di kalangan masyarakat Indonesia maka peneliti menelaah correctness dan usability pengguna QRIS dengan Metode McCall’s
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DENSO WAVE INCORPORATED, “QR Code.” DENSO WAVE INCORPORATED. [Online]. Available: https://www.qrcode.com/en/index.html
J. Chang, “An introduction to using QR codes in scholarly journals,” Sci. Ed., vol. 1, pp. 113–117, Aug. 2014, doi: 10.6087/kcse.2014.1.113.
E. Ozkaya, H. E. Ozkaya, J. Roxas, F. Bryant, and D. Whitson, “Factors affecting consumer usage of QR codes,” J. Direct, Data Digit. Mark. Pract., vol. 16, no. 3, pp. 209–224, 2015, doi: 10.1057/dddmp.2015.18.
A. Sari and H. Adinugraha, “Implementation of QRIS-Based Payments Towards the Digitalization of Indonesian MSMEs,” Ekon. SYARIAH J. Econ. Stud., vol. 5, Jan. 2022, doi: 10.30983/es.v5i2.5027.
H. Akhmad Qashlim, “Implementasi Teknologi QR Code untuk Kartu Identitas,” J. Ilmu Komput., vol. 1, no. ISSN : 2442-4512, 2015.
L. Saputra, W. Raharjo, and R. Restyandito, “Pengembangan Sistem Pemantauan Aktivitas Pengawasan Satpam dengan Proses Validasi Dinamis QR-Code pada Aplikasi Patrolee,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 6, p. 258, Jan. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3368.
P. S. P. and T. S. Teuta Cata, “QR Code: A New Opportunity for Effective Mobile Marketing,” J. Mob. Technol. Knowl. Soc., vol. 10.5171, p. 7, 2013, doi: 10.5171/2013.
J. Evan Sihaloho, A. Ramadani, and S. Rahmayanti, “Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan,” J. Manaj. Bisnis, vol. 17, p. 287, Apr. 2020, doi: 10.38043/jmb.v17i2.2384.
Faustina Gunadi, “Analisa Pengaruh Trust Dan Risk Berbasis Technology Acceptance Models (TAM) (Studi Kasus : Pengguna Google Drive),” Multinetics, vol. 6, no. 1, pp. 67–77, May 2020, Accessed: Jun. 19, 2022. [Online]. Available: https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=3jTs7swAAAAJ&citation_for_view=3jTs7swAAAAJ:UeHWp8X0CEIC
J. a. McCall, P. K. Richards, and G. F. Walters, “Factors in Software Quality,” at’l Tech. Inf. Serv., 1977.
R. E. Indrajit, “Kriteria Penjamin Kualitas Software,” no. 21 Januari 2016, 2016.
T Gondewa, SF Utami, SR Widianto, "Evaluasi Kualitas Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Metode McCall Pada RSU Dr Slamet Garut, Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, Vol. 3, hal 58-65, Okt 2020, Accessed : Jun 19,2022 [Online] Available : https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=-qXOmTYAAAAJ&authuser=3&citation_for_view=-qXOmTYAAAAJ:u-x6o8ySG0sC
Refbacks
- There are currently no refbacks.