Bauran Pemasaran Pada CV Amora Essential Oil Kabupaten Sukabumi

Muhamad Ilham Fathurohman, Herny Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran yang dilaksanakan CV. Amora Essential Oil dalam meningkatkan penjualan minyak sereh serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat CV. Amora Essential Oil dalam meningkatkan Penjualan, penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan cara pengamtan langsung ke perusahaan, wawancara dengan pemilik perusahaan dan menguraikan data bersamaan dengan situasi yang terjadi di CV. Amora Essential Oil. Hasil penelitian menunjukan bauran pemasaran dalam meningkatkatkan penjualan minyak sereh melalui: kombinasi Place dan Price membedakan harga diakwasan Kabupaten Sukabumi dengan luar Kabuapten Sukabumi dan kombinasi Product dan Promotion memberikan promosi potongan harga 20% untuk setiap pembelian minimal 10 liter. Faktor pendukung meliputi: memiliki lahan perkebunan sereh sendiri yang tentunya pemilihan bahan baku
sudah terjamin bagus. Faktor penghambat meliputi: banyak kompetitor dengan
jenis produk yang sama, kurangnya promosi menggunakan media sosial, letak
perusahaan yang berada dalam gang, label kemasan yang kurang menarik,
pegawai perusahaan yang kurang disiplin dan sempitnya lahan parkir konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perlunya penggunaan label produk yang lebih menarik, menekan biaya produk lebih rendah, memaksimalkan penggunaan media sosial untuk promosi, penambahan saluran distribusi untuk daerah Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi, tindakan tegas untuk karyawan yang kurang disiplin, membeli mesin pemisah air dan minyak dan menata produk yang akan dijual agar terlihat rapih dan menarik.


Keywords


Bauran Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, “Manajemen Pemasaran”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada2018

Astuti, Miguna dan Amanda Agni Rizkita “Pengantar Manajemen Pemasaran”, Sleman CV Budi Utama 2020.

Edison, Emeron.,dkk., “Manajemen Sumber Daya Manusia”,

Bandung Alfabeta,2018.

Hurriyati Ratih “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen” Bandung CV, Alfabeta 2019.

Limakrisna, Nandan dan Togi Parulian Purba, “Manajemen Pemasaran

(Teori danAplikasi dalam Bisnis di Indonesia)”, Jakarta: Mitra Wacana

Media, 2017.

Musfar Tengku Firli, “Manajemen Pemasaran”, Bandung CV. Media Sains Indonesia, 2020.

Rohman, Abd., “Dasar-dasar Manajemen,” Malang: Cv Cita Intrans

Selaras 2017.

Sudaryono, “Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi”, Yogyakarta: CV Andi Offiset, 2020.

Sudaryono, “Pengantar Manajemen Teori dan Kasus”, Yogyakarta:CAPS (Center for Academic Publhsing Service), 2017

Wibowo, Lili Adi dan Priansa Donni Juni, “Manajemen Komuinikasi dan Pemasaran”, Bandung:CV. Alfabeta.2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.