Analisa Usability Aplikasi Online Order Food Menggunakan Metode System Usability Scale (Studi Kasus: Grab Food dan Go Food)

Sri Farida Utami, Faustina Gunadi

Abstract


Pada jaman serba digital saat ini dimana teknologi yang dikemas bersamaan dengan internet semakin memudahkan para penjual dan pembeli untuk berinteraksi. Dimana kegiatan jual beli tradisional mulai bergeser menjadi e-commerce setelah ada teknologi internet. Perkembangan teknologi dikemas semakin mudah dalam aplikasi – aplikasi yang ada di smartphone, sehingga setiap individu yang memiliki smartphone dapat dengan mudah dalam mengakses dan bertransaksi. Kemajuan teknologi saat ini juga disertai dengan pola pengalaman pengguna yang semakin mengutamakan kecepatan dan kemudahan. Salah satu kemudahan aplikasi yang saat ini sangat banyak digunakan oleh pada generasi muda adalah aplikasi pemesanan makanan online. Perkembangan aplikasi online untuk memesan makanan ini menghubungkan antara penjual dan pembeli untuk membeli makanan yang diminati pembeli dimanapun sampai ke lokasi tujuan pembeli. Aplikasi pemesanan makanan juga memudahkan dari sisi penjual karena dapat menggantikan biaya promosi juga biaya lainnya, serta penjual mengetahui menu mana yang banyak diminati dan analisa lainnya terkait pembeli. Aplikasi online untuk memesan makanan ini sangat booming saat kondisi pandemi karena interaksi individu dibatasi. Akan tetapi, selepas pandemi pun aplikasi pemesanan makanan online masih diminati karena kemudahannya. Penjual yang menggunakan media online harga lebih kompetitif dibandingkan offline store, dikarenakan tidak ada biaya sewa tempat dan tenaga kerja juga tidak banyak. Pembeli memiliki jangkauan wilayah yang luas, dapat pesan makanan kapanpun. Pengalaman pengguna aplikasi dan kehandalan aplikasi ini menarik untuk dianalisa. Oleh karena itu, peneliti mengujikan metode system usability scale pada aplikasi Grab Food dan Go Food kepada 30 responden. Hasil pengujian menunjukan bahwa aplikasi memiliki usability yang baik dengan hasil “Good”

Keywords


system usability scale; e-commerce; user experience; user interface

Full Text:

PDF

References


Y. L.R Rehatalanit, “PERAN E-COMMERCE DALAM PENGEMBANGAN BISNIS,” 5, 2016.

F. G. Sri Farida Utami, “Analisa Correctness dan Usability pengguna Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) menggunakan Metode McCall’s,” SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan), vol. 4, hlm. 253–256, Des 2022.

G. Karnawan, S. Andryana, dan R. T. Komalasari, “Implementasi User Experience Menggunakan Metode Design Thinking Pada Prototype Aplikasi Cleanstic,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 6, no. 1, Mar 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i1.3785.

Cooper A, About Face: The Essentials Of Interaction Design 3. Indianapolis: Wiley Publishing, 2007.

D. Dharmayanti, A. M. Bachtiar, dan A. P. Wibawa, “Analysis of User Interface and User Experience on Comrades Application,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 407, hlm. 012127, Sep 2018, doi: 10.1088/1757-899X/407/1/012127.

M. Cahayani, “Analisis Keberadaan Go Food Dan Grab Food Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kelurahan Kekalik Jaya Kota Mataram,” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), vol. 5, no. 1, hlm. 90–103, Jun 2021, doi: 10.29408/jpek.v5i1.3333.

A. Jauhari, M. Najib, dan M. Aminah, “Perilaku Adopsi E-Commerce Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Makanan dan Minuman di Masa Pandemi COVID-19,” Jurnal Manajemen dan Organisasi, vol. 13, no. 4, hlm. 336–350, Des 2022, doi: 10.29244/jmo.v13i4.37567.

https://databoks.katadata.co.id, “Riset: GrabFood Kalah Populer Dibandingkan GoFood dan ShopeeFood.”

https://www.grab.com, “Laporan Tren 2022: Orang Indonesia Keluar Uang 54% Lebih Banyak untuk Pesan-Antar Makanan dan 90% Lebih Banyak untuk Belanja Kebutuhan Harian Online.”

John Brooke, “SUS - A quick and dirty usability scale,” researchgate, Nov 1995.

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu, 2020.

Binus, “Mengenal System Usability Scale,” https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal- system-usability-scale/, 7 Februari 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.