Prosedur Payment Collection dalam Penagihan Piutang Layanan Indihome pada PT Telekomunikasi Indonesia Witel Sukabumi

Rudi Afriyadi, Hamdun Gojali

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana cara payment collection memberikan informasi mengenai tagihan billing layanan indihome pada pelanggan. Payment Collection memiliki kewenangan untuk menangani penagihan piutang dan pendapatan tunai dari pelanggan Indihome. Unit ini bertugas untuk berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengingatkan kewajiban mereka dalam melakukan pembayaran tagihan bulan berjalan dan tunggakan yang telah jatuh tempo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif adalah menganalisis, menggambarkan, dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran payment collection sangat berpengaruh terhadap pendapatan PT Telekomunikasi Indonesia Witel Sukabumi. Namun ada kendala yang dihadapi baik dari pelanggan maupun dari perusahaan, seperti kerusakan jaringan, kesalahan input data pelanggan dan lain sebagainya. Payment collection adalah bagian terpenting dari PT Telekomunikasi Indonesia Witel Sukabumi yang bertugas untuk menagih piutang layanan indihome pada pelanggan yang bertujuan untuk keberlangsungan jalannya perusahaan. Namun dalam setiap  penagihan tidak berjalan dengan mulus terdapat beberapa case atau kendala sehingga menghambat pada proses penagihan.

Keywords


Payment Collection. Layanan Indihome. Billing. Tagihan

Full Text:

PDF

References


Alvioletta, V., Setyawan, M. Y. H., & Saputra, M. H. K. (2020). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Penilaian Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Pelayanan Divisi (Studi Kasus: CV Tirta Kencana). CV. Kreatif Industri Nusantara. (pp. 51-52)

Cicik,T. dkk (2022). SOP Administrasi Pemerintah : Strategi peningkatan Pegawai. Malang ; CV Literasi Nusantara Abadi (pp 37,40 &41)

Kbbi, (2023) “pengertian penagihan“ (https://kbbi.web.id/tagih) di akses pada tanggal 5 juni 2023

Kbbi (2023) “pengertian piutang “ (https://kbbi.web.id/piutang) di akses pada tanggal 5 juni 2023

Levany,Y.,dkk (2023). Manajemen Keuangan Perusahaan. Serang Banten, PT Sada Kurnia Pustaka pp(106-123)

Marlina, E. (2021). Prosedur Penagihan Piutang Pelanggan Indihome pada PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Witel Jakarta Barat. Jakarta : Jurnal (pp 1-2 )

Nurhidayah, N., & Hasibuan, N. F. A. (2022). Peranan Unit Payment Collection Dalam Melakukan Penagihan Piutang Indihome Pt. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Witel Medan. Medan Worksheet: Jurnal Akuntansi, (1-8)

Ruyatnasih, Y., & Megawati, L. (2018). Pengantar Manajemen Teori, Fungsi dan Kasus. Yogyakarta: Absolute Media. (pp 1-18)

Sari, Y. P., Sudirjo, F., dkk (2023). Manajemen Perkantoran. Padang Sumatra barat : Global Eksekutif Teknologi. (pp 4 -18 )

Supraja, G & Damanik, A. F. (2022) Monograf Percepatan Pengembangan Produktivitas Regional dan Desa melalui Analisis Efektivitas Sistem dan Prosedur Penerbitan Surat Perintah Membayar Uang Persediaan (SPM-UP) pada Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. Kab. Ponorogo: uwais inspirasi indonesia. (pp. 11-12)

Surtimi, T. (2019). Prosedur Penagihan Piutang Dagang Pt. Graha Anugrah Elektrindo (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta). (7-8)

Telkom Indonesia (2023) “indihome aktif tanpa batas” (https://indihome.co.id/internet) di akses pada 02 juni 2023

Telkom Indonesia (2023) “profil dan riwayat singkat” (https://www.telkom.co.id) di akses pada 02 juni 2023


Refbacks

  • There are currently no refbacks.