Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Program Studi Teknik Komputer Politeknik Sukabumi Menggunakan Metode Marker Based Tracking Pada Brosur

Siti Elsa Khoirunnisa, Samirah Rahayu, Nila Natalia

Abstract


Teknologi Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata melalui kamera. Teknologi ini digunakan sebagai media pengenalan Program Studi Teknik Komputer melalui brosur. Sistem pengenalan kampus yang berjalan di Program Studi Teknik Komputer Politeknik Sukabumi saat ini menggunakan cara konvensional melalui brosur dan pengenalan kampus ke setiap sekolah menegah terdekat, cara tersebut merupakan cara yang paling mudah dan memakan sedikit biaya, namun memiliki kekurangan yaitu kurang menarik dan kurang tergambarkan fasilitas yang tersedia, terlebih saat ini para siswa lebih fokus pada gadget dibanding brosur / bannerMetode yang digunakan pada aplikasi ini yaitu metode marker based tracking, dimana marker menjadi kunci utama dari teknologi ini, karena cara penggunaan aplikasi ini yaitu user mengarahkan kamera ke marker yang terdapat pada brosur kemudian objek 3D yang menggambarkan fasilitas akan muncul berserta animasi dan penjelasannya. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone Android dengan minimal versi 5.1 Lolipop. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan objek 3D dapat terdeteksi dengan jelas apabila jarak dari kamera ke marker yaitu minimal 15 cm dan dalam kondisi terang. Hal tersebut menunjukan bahwa aplikasi Augmented Reality ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan dari media pengenalan Program Studi Teknik Komputer.


Keywords


Vuforia, Android, Augmented Reality, Pengenalan Kampus

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.