Perancangan Aplikasi Manajemen Kantin Menggunakan Metode Waterfall
Abstract
Manajemen kantin yang efisien menjadi kebutuhan penting untuk mengoptimalkan operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Saat ini, banyak kantin masih menggunakan metode manual dalam mengelola transaksi dan stok barang, yang dapat menyebabkan inefisiensi waktu dan potensi kesalahan data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi manajemen kantin yang dapat mempermudah pengelolaan transaksi, serta pelaporan harian. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Metode penelitian yang digunakan berfokus pada pendekatan sistematis dari model waterfall. Tahap pertama adalah mengumpulkan kebutuhan dari pengguna. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan aplikasi manajemen kantin yang dapat digunakan untuk mengelola transaksi dan menghasilkan laporan keuangan secara efisien. Meskipun hanya berupa perancangan, hasil ini memberikan panduan yang jelas untuk pengembangan lebih lanjut dan diharapkan dapat membantu digitalisasi manajemen kantin di masa depan.
Full Text:
PDFReferences
M. Kurdi and I. Darul Firmansyah, “Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Di Kabupaten Sumenep Melalui ECOMMERCE,” vol. 4, 2020. [2] M. Danil Rafiqi, E. Subyantoro, and D. W. Kania, “KARYA ILMIAH MAHASISWA MANAJEMEN INFORMATIKA IMPLEMENTASI ARSITEKTUR MICROSERVICE PADA APLIKASI ONLINE TRAVEL TOURINC,” 2023. [3] C. E. Gunawan Prodi Sistem Informasi and U. Raden Fatah Palembang, “PENERAPAN METODE TOPSIS UNTUK PENGANGKATAN KARYAWAN KONTRAK MENJADI KARYAWAN TETAP (STUDI KASUS: PT HANURABA SAWIT KENCANA),” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.33387/jiko. [4] T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 1, pp. 77–86, Mar. 2018, doi: 10.25126/jtiik.201851610. [5] A. Paramitha, “Materi 4 - activity diagram,” 2018. [6] M. Gilvy, L. Putra, H. Octantia, and P. Konferensi, “ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI ELEARNING BERBASIS GAMIFICATION (STUDI KASUS PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN) GAMIFICATION BASED E-LEARNING APPLICATION ANALYSIS AND DESIGN (CASE STUDY OF INFORMATION SYSTEM STUDY PROGRAM IN KALIMANTAN INSTITUTE OF TECHNOLOGY),” vol. 8, no. 3, pp. 571–578, 2021, doi: 10.25126/jtiik.202184368. [7] E. Yonatan Koentjoro, T. Sutanto, R. Santika Putra, and S. Informasi, “Penerapan Metode Waterfall dalam Membangun Website Company Profile Matrix Laptop,” 2022. [8] Nur Hikmah, Herry Wahyono, H. Herwanto, Nuke L Chusna, and Adam Elvandi Yusup, “Pengembangan Aplikasi Deteksi Stunting di Kelurahan Duren Sawit,” ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 3, pp. 455–462, Aug. 2023, doi: 10.55123/abdikan.v2i3.2495. [9] A. T. Kusumo, V. Triantori, and I. Komarudin, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Smooth-Tee dengan Metode Waterfa
Refbacks
- There are currently no refbacks.