Evaluasi Pelayanan Pada SMP Negeri 12 Kota Sukabumi Berdasarkan Dimensi Tangibles dan Responsiveness
Abstract
Pendidikan merupakan satu penentuan keberhasilan suatu bangsa, yang melibatkan aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, lingkungan, maupun teknologi. Pelayanan merupakan bagian penting dalam sebuah pendidikan sebagai penyelenggara sebuah kegiatan akademik. Begitupun dengan evaluasi pelayanan pendidikan di SMP Negeri 12 Kota Sukabumi. Latar belakang pada penelitian ini yaitu pentingnya mengevaluasi pelayanan pendidikan untuk mendukungpembangunan sumber daya manusia, serta adanya beberapa permasalahan terkait pelayanan pendidikan di Kota Sukabumi seperti minimnya fasilitas sekolah dan sarana pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mengukur persepsi dan ekspektasi siswa terhadap pelaksanaan pelayanan berdasarkan dua dimensi SERVQUAL yaitu daya tanggap (responsiveness) dan bukti fisik (tangibles). Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan negatif pada dua dimensi tersebut, hal ini mengindikasikan bahwa evaluasi pelayanan pendidikan di SMP Negeri 12 Kota Sukabumi belum memenuhi harapan siswa. Kesenjangan terbesar terdapat pada dimensi bukti fisik (tangibles), dan dimensi daya tanggap (responsiveness). Berdasarkan penelitian ini merekomendasikan perlunya perbaikan dan peningkatan pelaksanaan pelayanan pada kedua dimensi ini terutama pada aspek bukti fisik seperti fasilitas sekolah dan sarana pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi pihak sekolah dan pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan pelaksanaan pelayanan pendidikan di SMP Negeri 12 Kota Sukabumi secara khusus, dan di Kota Sukabumi secara umum.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indrasari, Meithiana. Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Surabaya, Jawa Timur: UNITOMO PRESS, 2019.
Mustanir, Ahmad. Pelayanan Publik. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media, 2022.
Rahardjo, Adisasmita Pelaksanaan Pendaftaran Penduduk. CV. Penerbit Qiara Media, 2022.
Susilawati, Desi. Pengantar Ilmu Pendidikan. Kabupaten Bandung: Widina Media Utama, 2024.
Yusuf. Pengertian Manajemen. Kabupaten Solok, Provinsi Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Cendekia Muslimah, 2023.
Refbacks
- There are currently no refbacks.