PENERAPAN BAURAN PEMASARAN 7P (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PLACE, PEOPLE, PHYSICAL EVIDANCE AND PROCESS) PADA BENGKEL JUBER AC MOBIL SUKABUMI DI KABUPATEN SUKABUMI

Mochamad Arief Firman Nurdin, Siti Anisa Lutfiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan bauran pemasaran 7P pada Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi bauran pemasaran tersebut telah dilakukan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses implementasi, serta mengusulkan solusi untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran 7P pada Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi sudah berlangsung dengan baik namun belum mencapai tingkat optimal. Beberapa konsep dari bauran pemasaran belum sepenuhnya diterapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Kendala-kendala yang diidentifikasi dalam penerapan bauran pemasaran 7P meliputi tantangan signifikan dalam setiap aspek pemasaran. Solusisolusi yang direkomendasikan meliputi perbaikan efisiensi operasional, peningkatan visibilitas layanan, dan peningkatan kenyamanan bagi pelanggan dan karyawan bengkel. Dengan menerapkan solusi ini, diharapkan Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi dapat mengatasi kendala-kendala yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.

Kata kunci : bauran pemasaran, 7P


Full Text:

PDF

References


Afifah, Hana and Dkk. Buku Ajar Pemasaran

Jasa. Purwokerto: Tiga Cakrawal, 2023.

Arief, Mochamad and Anindya Farah.

"Bauran Pemasaran Pada Nopulos Distro

Kota Sukabumi." SEMNASTERA (Seminar

Nasional Teknologi dan Riset Terapan)

(2023): 228.

Barori, Sofan. "Perancangan Sistem

Pencarian Bengkel Kendaraan Bermotor."

Teknologi Pintar (2022): 3.

Fatihudin, Didin, Anang. Pemasaran Jasa.

Surabaya: Deepublish, 2019.

Hasan, Syahril and Dkk. Pengantar

Manajemen. Padang: PT. Global Eksekutif

Teknologi, 2022.

Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian.

Depok: Rajawali Press, 2020.

Indrasari, Meithia. Pemasaran dan

Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo

Press, 2019.

Ismanto, Juli. Manajemen Pemasaran.

Tanggerang Selatan: UNPAM PRESS,

Lobisa, Reinaldo Aryasatya and Stephanus

Evert Indrawan. "PERANCANGAN

BENGKEL SPOORING DAN

BALANCING OLEH ARCHIMONO

DENGAN PENDEKATAN GREEN

DESIGN." Kreasi Volume 8 (2023): 111-

Rachman, Arief and Dkk. Metode

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Karawang: CV Saba Jaya Publisher,

Raqib, Muhammad, Ramainim Saragih

and Dkk. STRATEGI PEMASARAN

BISNIS. Bandung: CV. Media Sains

Indonesia, 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.