PENERAPAN BAURAN PEMASARAN 7P (PRODUCT, PRICE, PROMOTION, PLACE, PEOPLE, PHYSICAL EVIDANCE AND PROCESS) PADA BENGKEL JUBER AC MOBIL SUKABUMI DI KABUPATEN SUKABUMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan bauran pemasaran 7P pada Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui sejauh mana implementasi bauran pemasaran tersebut telah dilakukan, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam proses implementasi, serta mengusulkan solusi untuk meningkatkan efektivitas pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran 7P pada Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi sudah berlangsung dengan baik namun belum mencapai tingkat optimal. Beberapa konsep dari bauran pemasaran belum sepenuhnya diterapkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Kendala-kendala yang diidentifikasi dalam penerapan bauran pemasaran 7P meliputi tantangan signifikan dalam setiap aspek pemasaran. Solusisolusi yang direkomendasikan meliputi perbaikan efisiensi operasional, peningkatan visibilitas layanan, dan peningkatan kenyamanan bagi pelanggan dan karyawan bengkel. Dengan menerapkan solusi ini, diharapkan Bengkel Juber AC Mobil Sukabumi dapat mengatasi kendala-kendala yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan secara keseluruhan.
Kata kunci : bauran pemasaran, 7P
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Hana and Dkk. Buku Ajar Pemasaran
Jasa. Purwokerto: Tiga Cakrawal, 2023.
Arief, Mochamad and Anindya Farah.
"Bauran Pemasaran Pada Nopulos Distro
Kota Sukabumi." SEMNASTERA (Seminar
Nasional Teknologi dan Riset Terapan)
(2023): 228.
Barori, Sofan. "Perancangan Sistem
Pencarian Bengkel Kendaraan Bermotor."
Teknologi Pintar (2022): 3.
Fatihudin, Didin, Anang. Pemasaran Jasa.
Surabaya: Deepublish, 2019.
Hasan, Syahril and Dkk. Pengantar
Manajemen. Padang: PT. Global Eksekutif
Teknologi, 2022.
Hikmawati, Fenti. Metodologi Penelitian.
Depok: Rajawali Press, 2020.
Indrasari, Meithia. Pemasaran dan
Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
Press, 2019.
Ismanto, Juli. Manajemen Pemasaran.
Tanggerang Selatan: UNPAM PRESS,
Lobisa, Reinaldo Aryasatya and Stephanus
Evert Indrawan. "PERANCANGAN
BENGKEL SPOORING DAN
BALANCING OLEH ARCHIMONO
DENGAN PENDEKATAN GREEN
DESIGN." Kreasi Volume 8 (2023): 111-
Rachman, Arief and Dkk. Metode
Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Karawang: CV Saba Jaya Publisher,
Raqib, Muhammad, Ramainim Saragih
and Dkk. STRATEGI PEMASARAN
BISNIS. Bandung: CV. Media Sains
Indonesia, 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.