Kualitas Pelayanan Pada Klinik Pratama

Eka Elmawati, Ratih Hendra Ningsih

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harapan pasien dan kenyataan pelayanan yang diterima pada Klinik Pratama Ciaul Kota Sukabumi. Adapun data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengambil objek penelitian selama periode Juli 2019 hingga Juli 2020 dengan jumlah populasi 9,187 orang, sedangkan sampel yang digunakam sebanyak 100 responden dengan metode sampling yaitu pengambilan sampel dimana informasi atau data peneliti diperoleh dan anggota populasi yang dengan mudah diakses langsung untuk menganalisis antara harapan pasien dan kenyataan pelayanan yang diterima pada Klinik Pratama Ciaul. Hasil analisis deskriptif, harapan pasien dominan dengan jawaban bahwa hampir semua responden sangat berharap pelayanan yang sangat memuaskan pada Klinik Pratama Ciaul, dan kenyataan pelayanan yang berpengaruh pada kualitas pelayanan yaitu dimensi Realibility (Kehandalan) dengan indikator: petugas teliti dalam melakukan pelayanan, jenis pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan yang ditawarkan oleh klinik, petugas mampu dan mengerti dalam menggunakan alat medis pemeriksaan serta keterampilan dan pengetahuan petugas dalam memberikan pelayanan dengan baik.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.