Simulasi Sistem Monitoring dan Notifikasi Kecelakaan Pada Kendaraan Remote Control

Adythia Rhamdani, Edi Rakhman, Martin Martin

Abstract


Kecelakaan lalu lintas adalah suatu persitiwa di jalan tidak disengaja dan diduga yang melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Berdasarkan Laporan kecelakaan lalu lintas yang dihimpun KNKT per 2016, jenis kecelakaan lalu lintas jalan yang mendominasi dari seluruh kejadian adalah jenis tabrakan sejumlah 42 kasus (65.6%), berikutnya adalah jenis kecelakaan terguling sejumlah 19 kasus (29,7%). Sedangkan yang paling kecil adalah jenis kecelakaan terbakar yaitu sejumlah 3 (tiga) kasus (4,7%). Masalah utama yang diangkat pada penelitian ini yaitu untuk pemantuan penyebab kecelakaan kendaraan di jalan raya. Pada proyek ini memiliki tujuan yaitu layaknya blackbox pada pesawat, alat yang dapat mengirim data kecelakaan secara lengkap dalam waktu yang cepat dengan posisi kecelakaan yang akurat. Sensor MPU6050 dipilih sebagai sensor kemiringan dengan nilai error 0,669o dan Sensor getaran SW-420 dipilih untuk mendeteksi getaran pada kendaraan sebagai indikasi kecelakaan. Ketika kecelakaan terjadi maka saat itu juga dikirim SMS dari lokasi kecelakaan ke gawai di nomor tujuan yang terdaftar lengkap dengan keterangan kecelakaan. Berdasarkan hasil pengujian, pengiriman SMS ini membutuhkan waktu 13,58 detik dengan persentase SMS lengkap yang terkirim adalah 94,15%. Setelah SMS dikirim maka pihak rumah sakit dapat membuka tautan GPS yang dikirim oleh sistem ini. Akurasi GPS yaitu 2,5meter dan membutuhkan waktu 43 detik untuk inisiasi awal saat sistem diaktifkan. 


Keywords


Blackbox, Kecelakaan, GPS, SMS

Full Text:

PDF

References


T. Hidayat, “SISTEM MONITORING DAN PENGAMAN MOTOR MENGGUNAKAN REMOTE CERDAS BERBABSIS ARDUINO DENGAN GPS GOOGLE API,” SKRIPSI, vol. 1, p. 90, 2019.

A. S. A., “GPS BASED VEHICLE TRACKING AND MONITORING SYSTEM- A SOLUTION FOR PUBLIC TRANPORTATION,” IRJET, vol. 4, no. 4, pp. 2337-2339, 2017.

A. H. S. “SISTEM NOTIFIKASI KECELAKAAN PADA SEPEDA MOTOR,” 2016.

A. Suprayogi, H. Fitriah and T. , “Sistem Pendeteksi Kecelakaan Pada Sepeda Motor Berdasarkan Kemiringan Menggunakan Sensor Gyroscope Berbasis Arduino,” Jurnal Pengembangan Teknologį Įnformasį dan Įlmu Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 3079-3085, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.