Perancangan Aplikasi E-Commerce pada Produk lokal untuk Meningkatkan Value Penjualan UMKM Binaan Bank Sumsel Capem Lemabang
Abstract
(UMKM) Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah sebuah unit penting yang menjadi pendorong untuk meninggkatkan pertumbuhan ekonomi dikala masa pandemi. Bank Sumsel Babel Capem Lemabang merupakan Lembaga Perbankan milik Pemerintah Provinsi yang berinisiatif untuk menggalakkan sektor wirausaha produktif, UMKM serta usaha masyarakat dalam menggerakkan ekonomi kreatif didaerah. Selama ini pelaku usaha UMKM kesulitan dalam memasarkan produk yang meraka buat dan meraka jual. Karena akses untuk promosi saat ini terbatas dan terkendala oleh Pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan diluar ruangan. Hal ini menjadi keluhan dari pelaku UMKM dalam mempromosikan barang dagangannya agar dapat laris terjual dan mendapat keuntungan yang berlimpah ruah. Hal ini disebabkan saat ini belum ada sistem yang berbasis teknologi aplikasi (e-commerce) untuk memasarkan dan menjajakan produk hasil umkm. Diharapkan dengan dibuatnya Sistem aplikasi tersebut proses pemasaran produk menjadi lebih mudah. Pembeli bisa mempromosikan barang daganganya kepada pembeli secara langsung yang dapat meningkatkan penjualan pelaku UMKM. Sistem aplikasi ini akan dibuat menggunakan bahasa PHP sebagai Bahasa pemprograman-nya serta mySQL sebagai tempat database-nya, gengan menggunakan metode waterfall. fungsi dibuat sistem ini tidak lain untuk membangun model untuk menerapkan teknologi sebagai media pemasaran produk oleh UMKM Binaan Bank Sumsel Babel Capem Lemabang ..
Keywords
Full Text:
PDFReferences
VI. DAFTAR PUSTAKA
A. Putra, “Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora,” J. Anal. Sosiol., 2016.
http://www.depkop.go.id/, Renstra Kementerian Koperasi dan UKM RI, 2016. 2016.
kemenperin, “Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 2017,” 2017. http://www.kemenperin.go.id (accessed Apr. 05, 2020).
F. Anggraeni, “Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal (Studi Kasus Pada Kelompok Usaha ‘Emping Jagung’ Di Kelurahan Pandanwangi Kecamatan Blimbing Kota Malang),” J. Adm. Publik Mhs. Univ. Brawijaya, 2013.
J. Jauhari, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Dengan Memanfaatkan E- Commerce,” J. Sist. Inf., 2014, doi: 2355-4614.
F. Irhamni, B. K. Khotimah, and B. D. Satoto, “Sistem Informasi E-Commerce Produk Unggulan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Batik,” J. Ilm. NERO, 2016.
H. Magdalena and W. Ellyani, “Strategi memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan makanan khas Bangka (Studi Kasus : Aneka Citra Snack),” CogITo Smart J., 2018, doi: 10.31154/cogito.v3i2.64.286-298.
D. A. Diartono, Y. Suhari, and A. Supriyanto, “Pengembangan Model CYBER CLUSTER E- COMMERCE Berbasis CMS dan SEO Produk UMKM,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst.), 2015, doi: 10.22146/ijccs.7543.
A. Saleh and R. Goodwin, “E-commerce Smartphone Application,” Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., 2012, doi: 10.14569/ijacsa.2012.030810.
R. Fayad and D. Paper, “The Technology Acceptance Model E-Commerce Extension: A Conceptual Framework,” Procedia Econ. Financ., 2015, doi: 10.1016/s2212-5671(15)00922-3.
H. Han and S. Trimi, “Social commerce design: A framework and application,” J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., 2017, doi: 10.4067/S0718- 18762017000300005.
Salahuddin, Husaini, Anwar, and Zulfan, “Web-based Application of Agricultural Management Development,”
Refbacks
- There are currently no refbacks.