Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Objek Wisata Sejarah Kota Sukabumi Menggunakan Metode Marker dan Markerless
Abstract
Augmented Reality merupakan teknologi yang dapat memproyeksikan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi kedalam dunia nyata. Perkembangan teknologi Augmented Reality saat ini telah memberikan banyak kontribusi kedalam berbagai bidang, salah satunya bidang perjalanan wisata dimana Augmented Reality dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan objek - objek wisata yang terdapat disuatu daerah. Kota sukabumi merupakan salah satu kota yang memiliki bangunan – bangunan bersejarah. Teknologi Augmented Reality tentunya dapat dijadikan alternatif pengenalan objek wisata sejarah yang ada di kota Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi AR untuk memperkenalkan objek – objek bersejarah yang ada di kota Sukabumi. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat kota Sukabumi mengenai bangunan - bangunan bersejarah yang ada di kota Sukabumi. Aplikasi ini menggunakan dua metode yaitu metode marker image tracking dan metode markerless user defined target. Cara penggunaan aplikasi ini yaitu user mengarahkan kamera pada marker yaitu peta kota Sukabumi kemudian objek tiga dimensi dari bangunan akan muncul. Sedangkan untuk metode markerless, User mengarahkan kamera pada target yang ingin dijadikan marker. Kemudian sistem akan menilai cocok tidaknya target tersebut dijadikan marker. Jika kualitas target baik maka objek tiga dimensi akan muncul di atas target tersebut. Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone Android dengan minimal versi 4.1 Jelly Bean dan jarak terbaik kamera pada marker antara 50 - 100 CM sedangkan jarak kamera dengan target pada metode markerless antara 15 – 30 CM dengan sudut terbaik 90°.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardhianto, Eka, Wiwien Hadikurniawati dan Edy Winarno. "Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender." Dinamik 17.2 (2012).
Harkamysah Andrianof, Randy Permana dan Riandana Afira. "Augmented Reality (AR) Sarana Promosi Obyek Pariwisata Jam Gadang Bukittinggi dan Pantai Wisata Carocok Pesisir Selatan". Indonesian Journal of Computer Science Vol. 7, No. 2, Edisi Oktober 2018.
Unang Rio, Susi Erlinda dan Dwi Haryono. " Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking". Jurnal Inovek Polbeng – Seri Informatika, Vol. 1, No. 2, November 2016.
Fakhrusy Luthfan Mahfuzh dan Agung Budi Cahyono. "Aplikasi Peta Interaktif Berbasis Teknologi Augmented Reality Kawasan Pariwisata Pulau Bawean". Jurnal Teknik ITS Vol. 6, No. 2 (2017).
Ilmawan Mustaqim, S.Pd.T., M.T. dan Nanang Kurniawan. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality". Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1, Mei 2017.
Michael Saputra 2020. "Analisis Cara Kerja Augmented Reality Untuk Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar" Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.